Kamis, 07 September 2017

KUMPULAN RPP MATEMATIKA 7

KUMPULAN RPP MATEMATIKA 7 KURIKULUM 2013 

edisi 2017

Contoh: (mohon direvisi jika ada yang tidak sesuai!)



(RPP)

Satuan Pendidikan             : SMPN 1 Torjun
Mata Pelajaran                    : MATEMATIKA
Kelas/Semester                  : VII / Ganjil
Materi Pokok                      : Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu                    : 10 JP ( 4 x Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
KI-1   :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 :Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,Tanggung jawab,peduli( toleran, Gotong royong ) santun,dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI- 3 : Memahami pengetahuan ( factual, konseptuan, dan procedural ) berdasarkan ras ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba ,mengolah,dan menyaji dalam rangka ranah kongkrit menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang ). menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ).
3.5.1 Mengenal bentuk aljabar
3.5.2 Menyebutkan variable, koefisien, konstanta, suku pada bentuk aljabar
3.5.3 Menyebutkan suku-suku sejenis
3.5.4 Menyederhanakan bentuk aljabar
3.5.5 Melakukan operasi penjumlahan bentuk aljabar
3.5.6 Melakukan operasi pengurangan bentuk aljabar
3.5.7 Melakuikan operasi perkalian bentuk aljabar
3.5.8 Melakukan operasi pembagian Bentuk aljabar.
3.5.9 Menyelesaiakn masalahan yg berkaitan dengan
        
 bentuk aljabar.
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.5.1 Menyelesaiakn masalahan yg berkaitan dengan operasi penjumlahan atau pengurangan  bentuk aljabar.

4.5.2 Menyelesaikan masalah yg berkaitan dengan operasi perkalian atau pembagian  bentuk aljabar.

C.    Tujuan Pembelajaran

PERTEMUAN 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi ,diskusi dan Tanya jawab, peserta didik dapat :
1.     Mengenal bentuk aljabar.
2.     Menyebutkan variable, koefisien, konstanta, suku pada bentuk aljabar.
3.     Menyederhanakan bentuk aljabar.

PERTEMUAN 2
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi, dan Tanya jawab , peserta didik dapat :
1.      Melakukan operasi penjumlahan bentuk aljabar
2.      Melakukan operasi pengurangan bentuk aljabar

PERTEMUAN 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi, dan Tanya jawab , peserta didik dapat :
1.      Melakukan operasi perkalian bentuk aljabar
2.      Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perkalian bentuk aljabar

PERTEMUAN 4
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi, dan Tanya jawab , peserta didik dapat :
1.      Melakukan operasi pembagian  bentuk aljabar
2.      Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pembagian  bentuk aljabar

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1        Materi  Pembelajaran Reguler

       1.1.MENGENAL  BENTUK ALJABAR
         Contoh bentuk -bentuk aljabar :
         2 , x , 2x , 2x + 4 , 2x + 3y + 7 ,
         Bentuk bentuk yang dipisahkan oleh tanda penjumlahan disebut  suku.
         Berikut nama nama bentuk aljabar berdasarkan banyaknya suku :
2        , x dan 2x disebut suku satu atau monomial
       2x + 4             disebut suku dua atau binomial
       2x + 3y + 7    disebut suku tiga atau trinomial
         Bentuk aljabar yang tersusun atas lebih dari tiga suku dinamakan suku  
         banyak      ( Polinomial )
         Pada bentuk 2x + 4 :
                                     bilangan 2 disebut  koefisien ,dan
                                    x  disebut   Variabel sedangkan
                                    4  disebut  konstanta.
                                    2x  dinamakan suku ke satu dan
                                    + 4 dinamakan suku ke dua.

       1.2.MELAKUKAN OPERASI BENTUK ALJABAR
   1 2.1. Penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
                 Contoh :
1.      Sederhanakan benuk aljabar berikut : 4x + 9 – 5x – 2
      Jawaban :  4x + 9 – 5x – 2 = -1 x + 7
2.      Jumlahkan 2x – 3y + 7 dan 5x + 4y – 4
     Jawaban : 2x – 3y + 7 +  ( 5x + 4y – 4 )
                = 2x – 3y  + 7 + 5x + 4y – 4
                = 7x – 1y + 3
Kurangkanlah 2x – 3y + 7 dari 5x + 4y – 4
     Jawaban : 5x + 4y – 4 – ( 2x – 3y + 7 )
                = 5x + 4y – 4 – 2x + 3y – 7
                = 3x + 7y – 11

  1.2.2 Perkalian bentuk aljabar
                 Contoh :
1.      2x ( 3x – y ) =
     Jawaban   2x ( 3x – y ) = 6x2 – 2 xy
2.      ( a + b ) ( a – b ) =
     Jawaban : ( a + b ) ( a – b ) = a ( a – b ) + b ( a – b )
                                                = a2 – ab + ab – b2
                                                = a2 – b2
 1.2.3 Pembagian bentuk aljabar
                Contoh :
1.      ( 6x - 3 ) dibagi 3 adalah …..
    Jawaban : ( 6x – 3 ) : 3 = 2x – 1
2.      ( x2 + 5x + 6 ) dibagi x + 3  adalah ….
    Jawaban:   ( x2 + 5x + 6 ) : ( x + 3 ) = x + 2

      Materi pembelajaran pada bentuk aljabar  meliputi :
      Materi Fakta                   : suku,
                                                  koefisien,
                                                  variable, dan
                                                 konstanta
      Materi konsep    :            Menyederhanakan bentuk aljabar,
                                                 Operasi penjumlahan bentuk aljabar ,
                                                 Operasi pengurangan bentuk aljabar, 
                                                 Operasi perkalian bentuk aljabar
                                                 Operasi pembagian bentuk aljabar
Materi Prosedural :   Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bentuk aljabar
 2 .MATERI PEMBELAJARAN PENGAYAAN
                            Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar
3.         MATERI PEMBELAJARAN REMEDIAL
Operasi hitung bentuk aljabar

E.     METODE PEMBELAJARAN
      Pertemuan 1 : Saintifik
      Pertemuan 2 : Saintifik
      Pertemuan 3 : Saintifik
      Pertemuan 4 : Problem Based Learning ( PBL )
   
F.      MEDIA DAN BAHAN
1.      Media :
Chart, LCD
2.      Bahan :
Buah buahan, biji bijian, kardus berisi alat tulis
G.    SUMBER BELAJAR
      Buku pegangan guru , buku pegangan siswa, kantin lingkungan sekolah /  kopsis dan internet

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 ( 3 JP )

KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Peserta didik melakukan do’a sebelum
   pembelajaran dimulai ( meminta satu siswa untuk
   memimpin do’a di depan kelas )
2.   Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.
3.   Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, mamfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yg akan dilaksanakan.
5.   Guru mengingatkan kembali tentang operasi bilangan bulat ( apersepsi )
6.   Guru mengaitkan bentuk aljabar yg diajarkan dengan kehidupan nyata.
7.   Siswa membentuk kelompok dengan anggota 3 atau 4 anak.
15 menit
Kegiatan inti
1. Mengamati
Siswa mengamati permasalahan yang ada di buku siswa halaman 198 s.d 200 ( Tabel 3.1 dan 3.2 )
Guru menampilkan chart di papan tulis
2. Menanya
Siswa merumuskan pertanyaan hal-hal yang belum di ketahui pada table 3.2
Contoh pertanyaan : Bagaimana bentuk aljabar ketika bola-bola tersebut berada dalam kotak / tabung.
Apakah simbul  x dan y bisa diganti dengan simbul yang lain
Mengapa harus disepakati di dalam kotak maupun tabung harus berisi bola dalam jumlah yang sama.
3. Mengumpulkan informasi/data/mencoba - menalar/mengasosiasi- mengomunikasikan
Guru  menugasi siswa untuk membaca buku siswa hal 201 sd 203
Guru membimbing siswa untuk menalar pengertian koefisien, variable,koefisien.
Guru membimbing siswa untuk menalar tentang suku suku sejenis.
Guru membimbing siswa untuk mencoba soal        pada buku  halaman 203 kemudian siswa agar berbagi dengan teman kelompoknya.
Siswa berlastih soal pada buku halaman 204
4. Siswa mempresentasikan hasil diskusi. (Sikap Sosial Percaya Diri)
85 menit

5.  

Penutup
1.   Guru mengarahkan siswa untuk merangkum
2.   Siswa ditugasi melanjutkan mengerjakan soal yang belum terselesaikan.
20 menit








Pertemuan 2  ( 2 JP )


KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.   Siswa melakukan do’a sebelum pembelajaran dimulai ( meminta satu siswa untuk memimpin do’a di dan kelas )
2.   Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.
3.   Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, mamfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yg akan dilaksanakan.
5.   Membahas PR
6.   Guru mengingatkan kembali tentang pembahasan materi yg lalu ( apersepsi )
7.   Siswa membentuk kelompok dengan anggota 3 atau 4 anak.
10 menit
Kegiatan inti
1. Mengamati
Siswa mengamati masalah 3.2 halaman 207
Guru membimbing siswa untuk mencermati tabel 3.3 halaman 208
2. Menanya
Bagaimana proses penjumlahan bentuk aljabar
Bagaimana proses pengurangan  bentuk aljabar
Bentuk yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau di kurangkan
3.Mengumpulkan informasi /data /mencoba - menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan
Guru menugaskan siswa untuk membaca buku siswa halaman 209 – 211,
Guru membimbing siswa untuk melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan  bentuk aljabar.
Siswa berlatih soal pada buku halaman  212 nomor 2 ,3 dan 4 halaman 214 soal nomor 2 s.d 9
4. Siswa mempresentasikan hasil diskusi. (Sikap Sosial Percaya Diri)

55 menit
Penutup
1. Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman
2. Siswa ditugasi melanjutkan mengerjakan soal yang belum terselesaikan.
15 menit

 Pertemuan 3 ( 3 JP )

KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Siswa melakukan do’a sebelum pembelajaran dimulai ( meminta satu siswa untuk memimpin do’a di depan kelas )
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.
3.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, mamfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yg akan dilaksanakan.
5.      Membahas PR
6.      Guru mengingatkan kembali tentang pembahasan materi yg lalu ( apersepsi )
7.      Siswa membentuk kelompok dengan anggota 3 atau 4 anak.
15 menit
Kegiatan inti
1.      Mengamati
Siswa mengamati masalah 3.3 halaman 216
Guru membimbing siswa untuk mencermati table 3.5 halaman 218
2.      Menanya
Bagaimana mengalikan  bentuk aljabar ?
Apakah setiap bentuk aljabar bisa dikalikan ?
3.Mengumpulkan informasi /data /mencoba - menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan
Guru menugaskan siswa untuk membaca buku siswa hal 219 sd 221
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang sifat operasi bentuk aljabar.
Siswa mencoba soal pada buku halaman 220 – 221.
Siswa menalar table 3.6
4.                 Siswa mempresentasikan hasil kegiatan diskusi table 3.6
5.                 Siswa berlatih soal pada buku halaman 222 – 224

90 menit
Penutup
1.      Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman
2.   Siswa ditugasi melanjutkan mengerjakan soal yang belum terselesaikan.
15 menit

 
Pertemuan 4 ( 3 JP )

KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum pembelajaran dimulai ( meminta satu siswa untuk memimpin do’a di depan kelas ) Sikap Spiritual ( Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa )
2.      Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.
3.      Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, mamfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yg akan dilaksanakan.
5.      Membahas PR
6.      Guru mengingatkan kembali tentang pembahasan materi yg lalu ( apersepsi )
7.      Siswa membentuk kelompok dengan anggota 3 atau 4 anak.
20 menit
Kegiatan inti
Langkah 1 : Klarifikasi masalah  
1.  Peserta didik memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan oleh guru terkait dengan pembagian bentuk aljabar ( masalah 3.4 halaman 225 dan table 3.7, 3.8 dan  3.9 pada buku halaman 225 s.,d 228
2.   Guru membagiakan LK dan peserta didik mengejakan LK sesuai petunjuk.
3.  Guru memotivasi pesrta didik dalam kelompok untuk menuliskan, menanyakan permasalahan hal hal yang belum dipahami dari yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan siswa dalam kelompok lain untuk memberi tanggapan bila diperlukan, guru memberi bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2 : Brainstorming
1.             4. Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK ( misalnya dalam LK berisikan permasalahan dan langkah langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama dala  menyelesaikan masalah
2.             5. Peserta didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing informasi, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan yang terdapat pada masalah diatas.
3.             Langkah 3 : Pengumpulan informasi dan data
4.             6. Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompoknya membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK
5.             7. Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam point 4 , dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata.
6.             8. Guru menugaskan peserta didik untuk membaca buku siswa hal 216 sd 220
7.             9. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal hal yang belum di pahami.
8.             10. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik .
9.             11. Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan dengan cermat dan teliti.
10.         Langkah 4 : Berbagi informasi dan berdiskusi untuk menemukan solusi penyelesaian masalah.
Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait dengan masalah yang diberikan.( tutor teman sebaya)
11.              Peserta didik dalam kelompok masing masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan dan menyimpulkan tentang masalah di atas serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh.
  1. Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang di berikan .
Langkah 5 : Presentasi hasil penyelesaiaan masalah
  1. Beberapa kelompok menyajikan secara tertulis dan lesan hasil pembelajaran yang telah dikerjakan.
  2. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil peresentasi meliputi Tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi ataupun tanggapan lain.
Langkah 6 : Refleksi
  1. Peserta didik melakukan refleksi, resum dan membuat kesimpulan secara lengkap dan komprehensip dan dibantu guru dari materi yang telah dipelajari terkait pembagian bentuk aljabar.
  2. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik.

75 menit
Penutup
1.      Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan ketrampilan dalam menyelesaikan masalah matrematika yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar.
2.   Siswa melaksanakan tes terkait operasi pembagian bentuk aljabar terlampir
3.   Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi berikutnya.
4.   Guru memberikan tugas pada buku halaman 231 nomore 1- 9
25 menit

I.       Penilaian
1.    Teknik penilaian
a.      Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1


observasi


Lembar observasi
Terlampir
Lampiran1
Saat pembelajaran



b.      Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Lihat Lampiran ...
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri

Lihat Lampiran ...



Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian antar teman

Lihat Lampiran ...


Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

c.       Pengetahuan

No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes tulis
Uraian
Terlampiran

Setelah KD pembelajaran  selesai
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
2
Penugasan
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei
terampiran




Setelah indicator selesai
Butir soal diambil dari ayo berlatih



d.     Keterampilan

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (mengerjakan soal uji kompetensi no 1-10 hal 240-241
Lihat Lampiran
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)

2.    Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
    pembelajaran ulang
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian. ( Waktu diluar jam pelajaran )

3.    Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, antara lain menyederhanakan pecahan bentuk aljabar (kegiatan 3.5)



Mengetahui                                                                 Torjun, 17 Juli 2017
Kepala SMPN 1 Torjun                                              Guru Mapel Matematika



Drs. Purwo Santoso, M.Pd.                                      Abdul Manaf, S.Pd.
NIP.19611020 198302 1 001                                     NIP.19700111 199703 1 002


Lampiran 1
Instrumen penilaian kompetensi sikap ( spiritual)
CONTOH Instrumen yang diamati

NO
ASPEK PENGAMATAN







1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2
Mengucapkan rasa sukur atas karunia Tuhan


3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat

4
Mengungkapkan kekagumam secara lisan maupun tulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

5
Menggangu teman yang sedang berdo’a


6
Mengejek teman











JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL
Kelas : ….
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD Siswa
Renc. Tindak Lanjut
      1.             






      2.             






      3.             






      4.             







Lampiran 2
Instrumen penilaian kompetensi sikap ( sikap )
CONTOH Instrumen yang diamati

NO
ASPEK PENGAMATAN







1
Mengejek teman

2
Menjadi tutor sebaya


3
Membuang sampah tidak pada tempatnya

4
Terlambat masuk kelas

5
Percaya diri


6
Sering bolos











JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL
      Kelas : …..
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
TTD Siswa
Renc. Tindak Lanjut
      1.             






      2.             






      3.             







 

Lampiran 3
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
  1. Tehnik Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen  Uraian
Ulangan Harian
KD : 3.5 Mengenal Bentuk Aljabar                                   
KD : 4.5 Melakukan operasi bentuk Aljabar
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Kerjakan soal di bawah ini dengan lengkap dan benar
1.       Tentukan banyak suku pada bentuk aljabar berikut ini
a.        5 a + 7
b.        + 3 X – 2
c.        p + 6
2.       Tentukan suku , variabel, koefisien dan konstanta dari bentuk aljabar
a.       9 x
b.      9 x + 3y -3
c.       2x + 3y – z + 5
3.       Tentukan suku-suku yang sejenis pada  bentuk aljabar berikut
a.       9k + 8m - 4km – 15 k + 7 km
b.       
4.       Sederhanakan bentuk-bentuk aljabar berikut
a.       5 x – 3 x
b.      9 + 4 x – 1
c.       4 x – 8 x + 12
5.       Tentukan penjumlahan bentuk aljabar berikut -3m + 4 n – 6 dengan 7n–8m + 10
6.       Tentukan pengurangan bentuk aljabar berikut -3m + 4 n – 6  oleh  7 n – 8m + 10
7.       Sederhanakan hasil kali bentuk aljabar dari
a.       4( 3a + 2)
b.      ( x + 3)( X – 2)
8.       Tentukan hasil bagi dari  + 5 x + 6  oleh x + 2
9.       Bentuk aljabar  jika dibagi suatu bentuk aljabar  hasilnya adalah
 x – 10 tentukan bentuk aljabar pembagi tersebut



a.      Kunci Jawaban

1.       a.   2 suku
b.  3 suku
c.  4 suku
2.    a.  satu suku , variabel x
       b. 3 suku , variabel x dan y
       c. 4 suku, variabel x,y,z
3.    a.  9 k dan -15k  dan – 4km dan  7 km
       b.  dan
4.    a.  – 2 x
       b.  4x + 8
       c.  -4x + 12

5.    – 11 m + 11 n + 4

6.5 m – 3 n – 16

7.   a. 12 a + 8
      b.
8.   x + 3
9.   x + 6
SKOR
BOBOT
1
1
1
1
1
1
3
3
4
4
4

5
5
2
5
6
6

9

10
10

10

10

10
10
10
15

Jumlah

100



Lampiran  4
PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN
PENUGASAN 1

a.      Butir Soal

1.       Tentukan hasil dariperpangkatan berikut
a.        
b.     

2.       Tentrukan hasil kali dari  :  ( a + b ) ( a + b + c )

3.       Tentukan hasil bagi dari :
a.       2x2 – x – 10  oleh  x + 2
b.      3x3  – 4x2 – 5x + 30  oleh  x + 2

4.       Tentukan suatu bentuk aljabar yang menurutmu bisa dibagi oleh  3x -1



Kunci Jawaban :



NO

Bentuk   soal

skor

bobot

1.a
 ( x + y )2   = ( x + y ) ( x + y )

                   = x2 + 2 x y + y2


3

12
1.,b
( x – y )2   = ( x – y ) ( x – y )

                 = x2 – 2 x y + y2


3

12
2.
(a + b ) ( a + b + c )  = a ( a + b + c ) + b ( a + b + c )

                                  = a2 + ab + ac + ba + b2 + bc

                                  = a2  + 2 ab + ac + bc + b2


4


16
3.a


3.b
2x – 5


3 x3 – 10 x + 15

4


5

16


20
4.
6 x3 +  x  - 1 hasilnya  2x + 1 boleh menggunakan suku dua yang lain.

6
24


Jumlah   skor


25

100



Lampiran  5
PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN
PENUGASAN 2




Kunci Jawaban

Kunci


Skor

1.      B
2.      A
3.      B
4.      C
5.      C
6.      D
7.      D
8.      B
9.      A
10.  D

10
10
10
10
10
10
10
10
10
10

 Jumlah

100












 


KALENDER PENDIDIKAN dan RENCANA PEKAN EFEKTIF (RPE) 2017/2018 (download)

SILABUS MATEMATIKA 2017 (download)

RPP MATEMATIKA 7 semester 1 (download)

RPP MATEMATIKA 7 semester2 (download)


COVER BUKU GURU (download)

BUKU GURU MATEMATIKA 7 (download)


COVER BUKU SISWA 1 (download)

BUKU SISWA MATEMATIKA 7 Semester 1 (download)


COVER BUKU SISWA 2 (download)

BUKU SISWA MATEMATIKA 7 Semester 2 (download)



1. COVER PANDUAN PEMBELAJARAN SMP                                             (download)
2. PANDUAN PEMBELAJARAN SMP                                                           (download)
3. PANDUAN PENILAIAN OLEH PENDIDIK & SATUAN PENDIDIKAN (download)
4. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah                              (download)
5. PANDUAN SKS                                                                                           (download)
6. MODUL PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MAPEL MTK (download )












5 komentar:

  1. tolong beri komentar tentang postingan ditas! untuk perbaikan selnjutnya.

    BalasHapus
  2. Sangat membantu Pak, khususnya bagi saya yg awam ttg K13

    BalasHapus
  3. Sangat membantu Pak, khususnya bagi saya yg awam ttg K13

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak atas postingan nya.. Sangat membantu dalam perbandingan penyusunan RPP.

    BalasHapus
  5. Terimakasih pak. Sangat bermanfaat

    BalasHapus